7 Tantangan bekerja di rumah

7 tantangan bekerja di rumah janganlah dijadikan alasan atau hambatan untuk mulai bekerja di rumah karena sebenarnya 7 tantangan bekerja di rumah hanyalah sebagai gambaran sehingga kamu tahu kemungkinan apa saja yang dapat terjadi nantinya

Bekerja di rumah adalah satu hal yang menyenangkan. Salah satu penyebabnya adalah karena banyak hal yang bisa dilakukan dirumah. Kamu bisa sesibuk orang-orang yang bekerja di perkantoran. Padahal, dengan bekerja di rumah, hasil yang akan kamu dapatkan bisa melebihi mereka. Hanya saja ada tantangan bekerja di rumah yang harus kamu ketahui.
Bekerja di rumah sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi masyarakat perkotaan. Ini bisa terjadi karena adanya pergeseran makna tentang kantor itu sendiri. Berbicara tentang kantor, dulu kita masih beranggapan bahwa itu adalah bangunan bertingkat dengan banyak fasilitas. Tapi kini kantor sudah tidak selalu tentang kantor, karena dengan adanya perkembangan teknologi membuat kamu bisa bekerja di mana saja termasuk rumah.
Namun walaupun temui bisa bekerja di rumah dan mendapatkan penghasilan darinya, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dimana salah satunya adalah tantangan apa saja yang bisa kamu temui. Dan berikut 7 tantangan bekerja di rumah yang akan kamu hadapi:

1. Disiplin
Disiplin adalah hal mutlak yang harus anda bangun dan miliki untuk mendapatkan hasil yang optimal. Ini menjadi poin utama karena saat bekerja di rumah, tidak ada orang lain yang bekerja bersama kamu, kamu sendiri yang mengatur waktu bekerja, bahkan kamu sendiri yang menentukan akan bekerja atau tidak. Semua kamu yang mengatur bahkan hasilnya nanti sepenuhnya kamu yang merasakan.
Untuk bekerja di rumah kamu harus menentukan jam berapa mulai bekerja dan jam berapa harus selesai bekerja, apa saja yang dikerjakan, bahkan target apa yang ingin kamu capai. Semua itu harus kamu pikirkan dengan matang karena poin inilah yang akan menentukan keberhasilan kamu dalam bekerja di rumah.


2. Inspirasi yang terbatas
Bekerja di rumah biasanya hanya dilakukan seorang diri sehingga inspirasi untuk berkarya juga sangat terbatas. Banyak orang yang berhenti bekerja cukup lama karena tidak memiliki inspirasi untuk bekerja. Dan ini bisa saja kamu alami.
Di awal, mungkin kamu memiliki banyak rencana. Apa saja yang ingin dikerjakan, bagaimana cara mengerjakannya, bahkan rencana target yang ingin dicapai. Namun itu bisa saja terhambat di tengah jalan karena kamu tidak memiliki inspirasi untuk bekerja. Ini bisa terjadi karena inspirasi kamu terbatas dan kamu hanya bekerja seorang diri.
Namun walaupun seperti itu, inspirasi bukanlah hal yang harus ditakuti. Karena inspirasi bisa kamu dapatkan dari mana saja. Mungkin kamu bisa keluar rumah, bermain game, membaca buku, bahkan melakukan hal lainnya yang dapat memancing inspirasi tersebut keluar.
 
Gambar oleh pxhere.com
3. Mood
Poin selanjutnya dalam 7 tantangan bekerja di rumah adalah mood. Pasalnya, banyak orang berhenti bekerja karena mood mereka untuk bekerja hilang. Untuk itu tantangan bekerja di rumah selain beberapa poin didalam artikel ini juga menyangkut tentang ketekunan serta konsistensi.
Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah. Bahkan saking banyaknya, anda bisa melakukan apapun di rumah. Mulai dari membersihkan rumah, menonton tv, bermain game, membetulkan pipa wastafel yang bocor, membetulkan atap rumah yang miring, atau apapun itu yang dapat membuat mood anda untuk bekerja hilang.
Cukup sulit mengembalikan mood yang hilang tanpa adanya motivasi yang kuat. Jadi, sebelum kamu memutuskan bekerja di rumah, pastikan motivasi kamu cukup kuat dan tidak mudah bergoyang.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Bekerja Di Rumah

4. Kesepian
Bekerja di rumah berbeda dengan bekerja di perkantoran atau tempat kerja lainnya dimana kamu bisa bertemu dengan orang lain disana. Bekerja di rumah bisa membuat anda kesepian karena anda hanya sendiri dalam bekerja. Bahkan meskipun anda bekerja secara tim, hanya mereka saja yang bisa anda temui setiap harinya dengan aktivitas yang selalu sama dan itu bisa sangat membosankan.
Bekerja di rumah adalah tentang waktu. Itu artinya kamu memang akan selalu berdiam diri dirumah untuk bekerja dan jarang keluar rumah untuk melakukan hal-hal yang lainnya. Dan hal ini akan membuatmu cukup kesepian.
Saat berada dalam deadline, mungkin kamu akan memfokuskan diri untuk bekerja mulai dari pagi sampai malam tanpa keluar rumah sedikitpun, tanpa bertemu dengan siapapun, dan tanpa melakukan hal lainnya.


5. Pandangan negatif dari orang lain
Tantangan bekerja di rumah selanjutnya adalah berasal dari sisi eksternal atau lingkungan sekitar. Jika kamu biasa bekerja di perkantoran atau tempat kerja lain dan tiba-tiba pada satu pagi berhenti berangkat kerja sudah dapat dipastikan akan menimbulkan pertanyaan dari lingkungan sekitar.
Walaupun pendapat orang lain tidak harus selalu didengarkan, namun ini bisa menjadi momok tersendiri bagi banyak orang sehingga mereka berhenti bekerja di rumah. Terlebih pada saat usahanya tidak membuahkan hasil dalam waktu yang cukup lama.

6. Job tidak menentu
Ketersediaan job atau pekerjaan menjadi tantangan lain dalam bekerja di dalam rumah. Terlebih jika kamu memutuskan untuk bekerja di rumah sebagai seorang freelancer yang sangat tergantung dari rating yang diberikan klien.
Job yang tidak menentu adalah lain hal yang membuat banyak orang memutuskan untuk kembali bekerja di perkantoran atau tempat lain.
Dalam hal finansial atau pendapatan, bekerja di rumah sangat tidak aman karena job yang tidak menentu menandakan penghasilan yang tidak menentu pula. Untuk itu, sebelum kamu memutuskan untuk mulai bekerja di rumah, kamu harus memastikan relasi usaha yang akan kamu bangun cukup banyak dan kuat.

7. Produktifitas menurun
Tantangan bekerja di rumah yang terakhir adalah produktifitas dalam bekerja menurun. Poin-poin yang sudah di sampaikan diatas akan berdampak langsung pada produktifitas kamu dalam bekerja. Mulai dari kualitas pekerjaan yang menurun, mood yang sulit terkontrol karena tidak ada motivasi yang kuat, sampai dengan cibiran tetangga yang semakin terasa menyakitkan. Namun, walaupun seperti itu, bukan berarti produktifitas kamu tidak bisa membaik. Jika semua tantangan bisa diatasi, maka sudah pasti produktifitas kamu akan terus meningkat.

Itulah 7 tantangan bekerja di rumah yang harus kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk bekerja di rumah. 7 tantangan bekerja di rumah janganlah dijadikan alasan atau hambatan untuk mulai bekerja di rumah karena sebenarnya 7 tantangan bekerja di rumah hanyalah sebagai gambaran sehingga kamu tahu kemungkinan apa saja yang dapat terjadi nantinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment