6 Cara Menabung Secara Efektif Untuk Kamu Yang Boros


Bagi seorang yang boros seperti saya, menyimpan uang membutuhkan upaya yang cukup keras untuk dilakukan. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama?

Apakah kamu pernah mengalami masa-masa kesulitan uang? Saya pernah. Sering. Bahkan disaat-saat seperti itu saya merasa tidak memiliki seorang temanpun. Tidak ada yang membantu saya.
Setelah melalui berbagai macam perenungan, ternyata masalah paling dasar yang saya miliki adalah boros. Saya terlalu cepat menghabiskan uang.
Mungkin kamu juga pernah mengalami saat dimana kamu memiliki uang dan merasa besok akan mendapatkan uang dengan jumlah yang lebih besar sehingga uang yang ada lebih baik dihabiskan saja. Habiskan uang seakan-akan ini adalah hari terakhir kita hidup.
Bagi seorang yang boros seperti saya, menyimpan uang membutuhkan upaya yang cukup keras untuk dilakukan. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama? Bahkan menabung Rp10.000 terasa sulit padahal kita punya Rp100.000 dikantong. Dan jika kamu memiliki masalah yang sama, saya memiliki solusi untuk kita semua coba:


6 Cara Menabung Secara Efektif Untuk Kamu Yang Boros


6 Cara menabung secara efektif untuk kamu yang boros ini adalah beberapa cara yang menurut saya efektif dan layak kamu dicoba.
Kita tahu bahwa semakin lama kebutuhan uang itu semakin tinggi. Walaupun cara mendapatkannya semakin beragam namun jika tidak diikuti oleh cara menyimpannya yang efektif semua itu akan terasa percuma dan tidak akan memberikan kita rasa aman secara finansial. Dan jika kamu tertarik untuk mencoba, berikut cara pertama dari 6 cara menabung secara efektif untuk kamu yang boros:


1. Menyisihkan Uang Diawal
Menyisihkan uang diawal adalah cara yang harus kita coba untuk bisa menabung. Berapapun uang kita dapatkan hari ini, uang itu harus kita potong terlebih dahulu untuk menabung. Setelah itu sisanya baru bisa kamu gunakan untuk keperluan yang lain.
Cara ini sangat efektif dan masih saya terapkan sampai saat ini. Jika saya mendapatkan Rp100.000, uang itu pasti akan saya potong dahulu sekitar Rp10.000-Rp20.000 untuk saving. Sisanya baru akan saya gunakan untuk beli bensin, makan, jajan, kuota, atau jalan-jalan.
Cara ini harus kamu coba karena cara ini sangat ampuh dan sangat berpengaruh secara psikologis. Yang awalnya kita senang memiliki Rp100.000, karena sudah ditabung terlebih dahulu, kita harus bersyukur karena masing memiliki Rp80.000 atau Rp90.000 saja. Ini akan menjadikan kita lebih bijaksana dalam menggunakan uang.


Besarnya potongan untuk menabung dari penghasilan ini tergantung besarnya kebutuhan kita. Untuk langkah awal mungkin kamu bisa mencoba 5%-10% untuk menabung. Kalau saya pribadi sudah berada di kisaran 20%-30% untuk menabung dari penghasilan harian.


2. Memiliki Investasi
Saya pernah menonton video tentang Cara Menjadi Orang Kaya dari seorang inspirator. Dia mengatakan “kita gak akan kaya dari nyimpen uang. Kamu hanya akan kaya dari investasi.”
Investasi disini sangat beragam bentuknya. Kita bisa membelanjakan uang yang kita miliki untuk membeli emas, surat-surat berharga, atau tanah. Nilai-nilai dari benda itu tidak akan turun dan cenderung meningkat setiap tahunnya. Jadi, jika kita memiliki itu semua, harta yang kita miliki bisa berkali-kali lipat banyaknya beberapa waktu kedepan.
Investasi tidak hanya pada barang-barang seperti diatas, kita juga bisa menginvestasikan uang pada bisnis milik orang lain yang sudah berjalan. Dengan cara ini uang kita tidak akan habis dan justeru akan terus bertambah.
Saya pribadi sangat tertarik untuk mencoba investasi untuk menyimpan uang. Hanya saja uang saya belum cukup untuk itu. Dan jika kamu juga mengalami hal yang sama ayo kita coba lagi poin pertama diatas :)


3. Memiliki Rekening Terpisah Untuk Menyimpan Uang
Cara ketiga dalam 6 cara menabung secara efektif untuk anda yang boros adalah dengan memiliki rekening sendiri khusus tabungan.
Saya sudah mencoba hal ini. Saat ini saya sudah memiliki lebih dari 1 rekening yang salah satunya digunakan untuk menyimpan uang. Hanya saja saya belum maksimal dalam menggunakannya. Tangan saya lebih sering ‘gatel’ untuk menggunakannya :P
Saya pernah membaca artikel tentang cara ini. Dan dari artikel tersebut saya jadi tahu kalau buku rekening dan kartu debit tabungan itu harus berada jauh dari jangkauan kita. Kita bisa letakkan dimana saja, terserah kamu, asal tempat tersebut tidak dengan mudah kita jangkau kecuali pada saat-saat tertentu.
Dalam hal ini, saya selalu bermimpi untuk menaruh buku dan kartu debit ditempat tersembunyi dan saya lupa dimana itu padahal saya selalu mengisinya setiap waktu. Sampai suatu saat saya sedang membutuhkan uang dan tiba-tiba mereka keluar. Rasanya pasti seperti menemukan harta karun bajak laut!!!


4. Miliki Asuransi
Memiliki asuransi memang cukup terdengar konyol. “Kita kan lagi ngomongin cara nyimpan uang, kenapa bahas cara menghabiskan uang??”
Saya setuju dengan kamu untuk pendapat itu. Tapi mari kita coba melihat dengan sudut pandang yang lain.
Memiliki asuransi memang akan membuat kita mengeluarkan uang secara rutin. Dan itu cukup memberatkan bagi banyak orang. Tapi jika kita lihat fungsi dari asuransi tersebut, pandangan kita juga akan berubah nantinya.
Bayangkan jika kita memiliki asuransi kesehatan dan tiba-tiba saya sakit. Saya sakit cukup parah, harus dioperasi, dan harus dirawat secara itensif di salah satu rumah sakit. Bayangkan berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk berobat jika saya tidak memiliki asuransi sedangkan saya seorang yang boros?
Ini menjadi gambaran bagi kita semua kalau asuransi adalah hal penting yang harus kita pertimbangkan untuk miliki. Setidaknya kita memiliki asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh negara seperti BPJS untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.





5. Memiliki Catatan Keuangan
Memiliki catatan keuangan bisa membantu kita untuk menabung. Pasalnya dengan begitu kita bisa menaksir jenis pengeluaran yang akan dikeluarkan sedari dini.
Cara pada poin ini sudah saya terapkan seperti misalnya pada saat saya ingin membayar cicilan tagihan motor.
Dalam satu bulan saya harus membayar cicilan sebesar Rp700.000 untuk motor. Jika mengeluarkan uang sekaligus tentu itu akan sangat memberatkan saya. Oleh karena itu saya membagi jumlah itu sebanyak jumlah hari saya bekerja.
Jika saya bekerja adalah 20 hari dalam satu bulan, maka perhari saya harus menyisihkan Rp35.000 untuk motor. Jumlah ini akan saya langsung potong pada saat saya mendapatkan uang setelah seharian bekerja. Cara ini juga biasa saya lakukan untuk keperluan lainnya.
Jadi, memiliki catatan keuangan adalah hal yang harus kita miliki. Dari mana uang itu kita dapat, kemana saja uang yang sudah saya keluarkan, atau keperluan apa saja yang akan membutuhkan uang diwaktu kedepan. Cara ini harus kamu coba agar di akhir bulan kamu tidak lagi pusing memikirkan tagihan yang sudah didepan mata tapi uang yang masih diujung laut.


6. Memiliki Daftar Kebutuhan
Apa saja kebutuhan yang harus kita penuhi? Apakah pakaian, makanan, tempat tinggal, atau kendaraan? Semua itu membutuhkan biaya tersendiri yang harus kita siapkan. Hanya saja uang untuk kebutuhan terkadang terlebih dahulu habis oleh keinginan yang tidak penting.
Untuk memudahkan menabung. Setidaknya kita harus memilah-milih kebutuhan yang kita butuhkan. Jika tidak mendesak, kebutuhan bulan ini bisa kita anggarkan untuk bulan depan. Hanya saja biaya untuk kebutuhan tersebut kita cicil dalam bentuk tabungan mulai hari ini. Sedikit demi sedikit lebih baik jika dilakukan secara rutin dan konsisten dibanding harus mengeluarkan sekaligus ada waktu yang serba mepet.


Itulah 6 cara menabung secara efektif untuk kamu yang boros yang harus dengan segera kamu coba. Hanya saja, yang patut menjadi catatan tersendiri, cara-cara ini harus dilakukan secara konsisten dan memiliki target yang jelas. Karena jika tidak bisa saja nanti kita akan berhenti ditengah jalan sedangkan tabungan kita belum seberapa. Saya sering mengalami hal itu.
Kamu memiliki cara lain yang lebih efektif untuk menabung bagi orang boros seperti saya? Tolong tuliskan komentar kamu dikolom komentar dibawah. Dan tolong share artikel ini jika kamu rasa bermanfaat dan dapat membantu orang boros lain untuk mendapatkan rasa aman secara finansial. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.




3 comments:

  1. Hampir semua sudah saya lakukan kecuali asuransi wkwkwkwkwkwjw 😎 nice post!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komentarnya. Memang kalau asuransi itu berat di tagihan bulanannya ya tapi sangat bermanfaat kalau pas lagi butuh jadi bisa menekan biaya pengeluaran dan tabungan yang ada gak perlu dipakai hehehe...

      Delete
  2. Thanks infonya. Oiya ngomongin uang, ternyata ada loh beberapa hal ga penting yang bisa bikin uang kamu cepet banget habis. Penasaran apa aja? Cek di sini ya: Hal sepele bikin uang cepat habis

    ReplyDelete