5 Langkah Mengatur Waktu Untuk Lebih Produktif

Memiliki acuan waktu akan membuat kita termotivasi dalam bekerja karena adanya tantangan. Motivasi inilah yang akan membuat kita harus menjadi orang yang produktif sehingga target yang kita miliki akan terwujud

Waktu adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada semua makhluknya. Tapi nyatanya tidak semua dapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.
Waktu yang kita miliki sama dengan waktu yang dimiliki oleh semua orang. Tapi kenapa kehidupan mereka jauh lebih baik dari kita? Karena mereka dapat mengatur waktunya dengan baik.
Mengatur waktu dengan baik dapat membuat kita bisa melakukan apa saja. Lebih dari itu, dengan mengatur waktu kita bahkan bisa mendapatkan apa yang ingin kita capai.
Dan jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi lebih produktif dengan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, berikut 5 langkah mengatur waktu untuk lebih produktif yang harus kamu ketahui:


1. Mulai lebih awal
Mulai lebih awal membuat kita lebih produktif karena waktu yang kita miliki cukup lengang. Waktu yang cukup ini membuat kita lebih santai karena tekanan yang sedikit.
Jika kamu biasa bekerja pukul 9 pagi, mungkin bisa kamu coba bekerja mulai jam 7 atau jam 8 pagi. Selain otak yang masih fresh, waktu kita juga menjadi lebih panjang untuk bekerja sehingga tidak lagi tertekan oleh waktu yang mepet.


2. Memiliki skala prioritas
Setiap yang kita lakukan pasti memiliki urgensi-nya masing-masing. Ini terjadi karena apa yang kita lakukan biasanya adalah apa yang kita anggap penting dan mendesak terlebih dahulu dibanding yang lainnya.
Jadi, jika kita ingin menjadi lebih produktif, ada baiknya kita memilah-milah pekerjaan yang kita miliki. Usahakan pekerjaan yang sulit, mendesak, memakan banyak waktu, adalah pekerjaan yang harus didahulukan.

Ilustrasi: Insperity.com

3. Jangan pernah menunda
Menunda adalah satu hal yang cukup sering dilakukan pada saat bekerja. Biasanya pada saat kita merasa jenuh atau karena hal lainnya. Menunda biasanya membuat kita lupa kalau kita sedang bekerja.
Menunda memang mengasyikan. Karena membuat kita lupa sejanak kalau kita memiliki pekerjaan. Hanya saja itu memiliki dampak negatif jika dilakukan terlalu sering.
Salah satu dampak negatif yang akan terjadi adalah kita menjadi tidak produktif. Karenanya waktu kita akan banyak terbuang untuk sesuatu yang tidak penting sampai akhirnya waktu yang kita miliki semakin sedikit. Pada saat inilah biasanya stress muncul.
Tekanan yang diakibatkan waktu yang sempit akan membuat seseorang cenderung melakukan sesuatu secara ceroboh dan menyebabkan banyak kesalahan.
Jadi, jika kamu termasuk orang yang selalu menunda-nunda pekerjaan, mulailah mengendalikannya. Mulailah berhenti menunda-nunda dan kembali bekerja. Stress yang berlebihan sebagai akibat dari sifat suka menunda ini sangat tidak baik untuk kesehatan yang kita miliki.


4. Tidak kaku
Menghargai waktu merupakan satu hal penting yang kita miliki. Namun bukan berarti kita menjadi orang yang kaku. Jika sudah bekerja tidak ada apapun yang dapat menghentikan.
Tapi bagaimana jika ada satu hal penting yang tiba-tiba datang dan harus kamu sikapi dengan segera? Jika manajemen waktu yang kita miliki kaku, sudah pasti kita akan merasa kesulitan.
Kesulitan yang dimaksud adalah pada saat terjadi konflik didalam otak kita tentang kepentingan mana yang harus didahulukan. Kebimbangan ini akan membuat kita tidak produktf dan tidak fokus dalam bekerja.


5. Miliki acuan waktu bekerja
Poin terakhir dalam 5 langkah mengatur waktu untuk lebih produktif adalah dengan menentukan target waktu.
Berapa lama pekerjaan ini harus selesai? Berapa lama lagi waktu yang kita miliki untuk menyelesaikannya? Atau, berapa lama kita harus bekerja?
Memiliki acuan waktu akan membuat kita termotivasi dalam bekerja karena adanya tantangan. Motivasi inilah yang akan membuat kita harus menjadi orang yang produktif sehingga target yang kita miliki akan terwujud.


Itulah 5 langkah mengatur waktu untuk lebih produktif yang bisa kita coba terapkan dalam beraktifitas sehari-hari. Tidak hanya untuk karyawan karena 5 langkah mengatur waktu untuk lebih produktif ini juga bisa diterapkan oleh pelajar atau mahasiswa.
Silahkan share artikel ini jika kamu rasa bermanfaat dan jangan lupa berlangganan artikel kami untuk terus mendapatkan informasi terbaru dari kami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Salam

No comments:

Post a Comment