13 Syarat Menjadi Gamer Profesional

Syarat menjadi gamer profesional yang sangat jarang diketahui banyak gamer, hanya saja beberapa diantara mereka melakukannya. Kamu beruntung mengetahuinya dari sini.

Perkembangan dunia game saat ini sangat pesat dan terus mengalami perkembangan. Bahkan kini game menjadi salah satu peluang bisnis baru bagi masyarakat modern. Salah satu penyebabnya adalah karena semakin banyaknya yang bermain game dan perangkatnya yang semakin mudah didapatkan. Itulah kenapa kemudian muncul banyak profesi baru dimana salah satunya adalah profesi sebagai gamer profesional.
Gamer profesional adalah salah satu profesi yang banyak di 'idam-idamkan' banyak orang terutama generasi muda. Penyebabnya karena bermain game adalah satu hal yang sangat menyenangkan dan akan lebih menyenangkan jika bisa mendapatkan tambahan dari sana. Dan jika kamu ingin menjadi seorang gamer profesional, berikut 13 syarat menjadi gamer profesional yang bisa kamu coba:

1. Tentukan Game
13 syarat menjadi gamer profesional yang pertama adalah menentukan jenis game yang kamu sukai dan ingin kamu tekuni. Karena seperti yang kita ketahui, game yang terus berkembang menjadikan jenis game terus bertambah. Mulai dari Arcade, RPG, Puzzle, ataupun yang lainnya.
Salah satu cara untuk menentukan game yang ingin kamu tekuni adalah dengan banyak memainkan game sehingga kita bisa menentukannya. Hanya saja, kamu harus memastikan bahwa game yang akan kamu tekuni adalah benar-benar yang kamu sukai.


2. Banyak Menonton Gameplay
Ketika kamu sudah menentukan jenis game yang ingin ditentukan, saatnya kamu berlajar bagaimana cara bermain game tersebut dengan baik untuk mencapai target yang diinginkan. Salah satu caranya adalah dengan menonton gameplay game serupa yang dimainkan oleh player lainnya.
Mungkin mereka adalah seorang profesional dan memiliki banyak pengalaman dibandingkan kamu. Namun dengan menonton video gameplay-nya kamu akan belajar banyak dari mereka. Bagaimana cara mereka bermain, cara mereka berstrategi, ataupun item apa saja yang mereka butuhkan untuk mendapatkan kemenangan dan youtube adalah tempat dimana kamu bisa memulainya.

Gambar: pixabay.com 

 
3. Bentuk Tim
Jika kamu memainkan game yang membutuhkan tim untuk mencapai kemenangan, maka tim adalah syarat menjadi gamer profesional selanjutnya yang harus kamu miliki. Kamu bisa membentuknya bersama teman yang memiliki tujuan yang sama atau bisa bergabung dengan tim yang sudah terbentuk sebelumnya.
Jika kamu bermain game seperti Arena of Valor, Mobile Legends, Dota, PUBG, atau game yang lainnya, memiliki tim adalah sebuah keharusan. Dengannya kamu bisa bermain lebih baik dengan membentuk strategi baru sehingga kemenangan dapat dengan mudah kamu dapatkan.

4. Jangan Perhitungan
Walaupun banyak game yang bisa di download secara gratis, nyatanya tidak semua fitur dari game tersebut dapat langsung di akses secara gratis. Ada beberapa game yang mengharuskan kamu 'membeli' dari mereka untuk mendapatkan fitur berbayarnya. Dan biasanya, fitur berbayar adalah fitur yang sangat bermanfaat dalam game yang akan membantu kamu dalam bermain.
Jadi, jika kamu memutuskan untuk menjadi gamer profesional, perhitungan adalah hal yang harus kamu kesampingkan. Karena jika kamu perhitungan itu sama saja kamu membuat rintangan untuk diri kamu sendiri yang akan merintangi kamu menjadi gamer yang lebih baik lagi.


5. Ikuti Turnamen
Jika kamu sudah membuat tim, bermain lebih baik, dan mudah mendapatkan kemenangan, tahap selanjutnya adalah menguji kemampuan kamu ataupun tim didalam sebuah turnamen. Seperti kita semua tahu, dengan berkembangnya game mobile saat ini turnamen game juga semakin mudah ditemui.
Ada banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari turnamen yang diikuti. Mulai dari atmosfer pertandingan yang berbeda sampai dengan evaluasi kinerja tim. Evaluasi adalah hal terpenting yang harus didapatkan. Kenapa tim kamu menang? Kenapa tim kamu bisa kalah? Itu semua adalah hal terpenting untuk mendapatkan kemenangan selanjutnya.

6. Masuk Komunitas Gamer
Jika pola permainan kamu dalam game dirasa kurang pesat dan masih membutuhkan banyak informasi tentang game yang dimainkan, maka tahap selanjutnya adalah dengan masuk kedalam forum game tersebut. Dengan banyaknya media sosial saat ini, forum game bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicari. Mulai dari Instagram, Facebook, Googleplus, ataupun media sosial yang lain.
Masuk kedalam forum akan semakin memperkaya informasi dan pengetahuan kamu tentang game. Dan jika kamu memilikinya, itu tandanya kamu berkembang satu langkah didepan lawan.

7. Cari Sponsor
Mencari sponsor adalah hal lain yang harus kamu pertimbangkan sebagai syarat menjadi gamer profesional. Ini karena hampir setiap gamer profesional memiliki sponsor yang akan mendukung tim mereka secara full. Hanya saja, untuk mendapatkannya tidaklah semudah yang dikira banyak orang karena kamu harus memiliki riwayat permainan yang bagus, tim yang solid, menunjukan prestasi apa saja yang sudah pernah dicapai oleh tim, bahkan menunjukkan bahwa tim kamu adalah tim yang dapat mereka percaya.

8. Miliki Channel Gaming
Syarat menjadi gamer profesional yang selanjutnya sangat jarang diketahui banyak gamer, hanya saja beberapa diantara mereka melakukannya. Kamu beruntung mengetahuinya dari sini. Syarat selanjutnya adalah biarkan orang lain tahu bahwa kamu memang benar seorang gamer dengan cara membuat akun media sosial atau channel Youtube.
Akun media sosial akan membuat kamu bisa terkoneksi dengan para penggemar sedangkan channel youtube adalah tempat dimana kamu bisa sharing video tentang game yang kamu mainkan. Mungkin dengannya kamu bisa tampil live di youtube dan menunjukkan keahlian kamu kepada banyak orang sehingga akan semakin banyak orang yang mengakui bahwa kamu memang benar-benar gamer profesional.

9. Memiliki Nama Unik
Nama unik akan membuat kamu dengan mudah diingat oleh orang. Nama unik adalah hal paling utama yang akan membuat orang lebih mengenal kamu. Nama yang unik haruslah nama yang menggambarkan image dari dirimu sendiri. Karena dengan begitu, kamu akan benar-benar melekat di pikiran banyak orang. Nama yang melekat akan membuat kamu lebih mudah diingat dibandingkan dengan nama yang hanya 'sepintas lewat.'


10. Banyak Berlatih
Berlatih adalah syarat utama untuk menjadi gamer profesional. Artinya, jika kamu memutuskan menjadi gamer profesional, kamu harus memainkan game tersebut. Tapi ingat, hanya satu game itu saja. Tidak ada game lainnya.
Seperti misalnya ketika kamu memutuskan untuk menjadi gamer profesional Arena of Valor, maka tugas kamu yang paling utama adalah berlatih memainkannya. Jika dalam satu hari kamu memainkannya hanya 2 jam, kamu harus tingkatkan lagi menjadi 8 jam. Semakin banyak kamu berlatih akan semakin banyak pula pelajaran yang akan kamu dapatkan. Pelajaran inilah yang akan sangat menentukan kesuksesan kamu dalam menjadi gamer profesional.

Gambar: Wikimedia.org 


11. Banyak Berbagi
Siapa sangka, berbagi justru akan membuat kita semakin dikenal. Artinya, jika kamu memiliki banyak pengalaman dan informasi tentang game yang sedang di tekuni, dengan berbagi, julukan gamer profesional akan melekat dengan sendirinya kepadamu. Salah satu penyebabnya adalah karena semakin banyak orang yang kamu bantu dalam bermain game, samakin banyak pula orang yang akan mengakui ke-profesionl-an kamu sebagai seorang gamer.

12. Pilih Perangkat Yang Tepat
Hal yang paling mendasar sebagai syarat menjadi gamer profesional dalam hal teknis adalah perangkat. Tidak dapat dipungkiri, game hanya bisa dimainkan jika memiliki perangkat. Mulai dari perangkat smartphone, PC, Konsol, ataupun sambungan internet. Jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang gamer profesional, maka perangkat adalah satu hal yang harus kamu benar-benar perhatikan. Karena jika syarat ini tidak terpenuhi, nantinya kamu pasti akan kesulitan dalam menunjukkan performa terbaik kamu di dalam game tersebut.


13. Bahagia
13 Syarat menjadi gamer profesional yang terakhir adalah bahagia. Kamu harus pastikan game yang kamu tekuni adalah game yang bisa memberi kebahagiaan untuk kamu. Jangan pernah memilih sesuatu karena ada tekanan lain selain tekanan kebahagiaan. Karena jika kamu memilihnya atas dasar kebahagiaan, meskipun kalah dalam pertandingan, kamu tetap bahagia karena bisa menunjukkan permainan yang baik. Jika kamu memilih atas dasar 'untuk mendapatkan uang' dan mendapatkan banyak rintangan untuk mendapatkannya, bisa saja kamu akan stress hingga tingkat emosional yang tidak stabil.


Itulah 13 syarat menjadi gamer profesional yang harus kamu ikuti. Satu hal yang perlu diingat adalah: game hanya permainan. Apapun yang akan kamu dapatkan kelak, jangan biarkan game membuat hubungan kita dengan orang lain menjadi merenggangg. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Salam

No comments:

Post a Comment