Mungkin bagi kamu cara ini terlalu ribet dan sangat melelahkan jika dilakukan setiap harinya. Padahal, bagi Jack Dorsey, cara ini sangat efektif dalam membantu dia untuk fokus terhadap apa yang dikerjakannya setiap hari.
Twitter adalah salah satu media sosial yang banyak dipakai saat ini. Tidak hanya Indonesia, bahkan masyarakat dunia menggunakannya untuk berinteraksi.
Dibandingkan media sosial yang lain, Twitter memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah jumlah karakter dalam pembuatan sebuah status cukup sedikit. Ini karena twitter hanya berupa ‘cuitan’ penggunanya.
Walaupun hanya berupa cuitan, twitter termasuk media sosial yang sangat up date dalam segala jenis perkembangan yang ada.
Selain keunikan produk, sosok dibalik twitter juga patut diperhatikan karena ternyata dia memiliki cara khusus untuk mengelola waktunya. Cara ini banyak dibagikan olehnya kepada masyarakat karena baginya ini merupakan cara yang efektif untuk dilakukan.
Namanya adalah Jack Dorsey. Dan untuk mengelola waktu dalam kesehariannya dia selalu membuat dua buah daftar. Pertama, Kerjakan dan kedua, Jangan Kerjakan.
Baca juga: 13 Syarat Menjadi Gamer Profesional
List Kerjakan adalah list yang berisi apa-apa saja yang ingin dikerjakannya dalam satu hari itu. Jika dia harus meeting, maka meeting akan masuk kedalam list itu. Begitu juga dengan membaca buku, meditasi, bertemu orang baru, ataupun yang lainnya.
Kedua, list Jangan Kerjakan yang berisi tentang kegiatan atau apapun hal yang tidak boleh dia kerjakan dalam satu hari itu. Seperti misalnya tidak merokok hari itu, tidak minum alkohol hari itu, atau apapun yang dirasa tidak efektif untuk dikerjakan pada hari itu akan masuk kedalam list ini.
List atau daftar ini selalu berubah setiap harinya. Artinya dia tidak selalu melakukan hal yang sama disetiap harinya. Dia membuat list ini biasanya sebelum memulai hari.
Twitter. Gambar; etimes.com |
Walaupun dia menuliskan banyak list, terkadang tidak semua list tersebut akan dilakukannya. Setiap selesai menulis, list tersebut akan dicek kembali olehnya untuk dikoreksi. Sehingga bisa saja kegiatan yang awalnya berada di List Kerjakan akan berpindah saat itu juga ke List Jangan Kerjakan karena dinilai tidak efektif.
Mungkin bagi kamu cara ini terlalu ribet dan sangat melelahkan jika dilakukan setiap harinya. Padahal, bagi Jack Dorsey, cara ini sangat efektif dalam membantu dia untuk fokus terhadap apa yang dikerjakannya setiap hari.
Baca juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Bekerja Di Rumah
Cara ini juga akan membantu kita untuk tidak lagi melakukan hal yang sia-sia di waktu yang kita miliki karena kita sudah tahu apa saja yang harus dan tidak harus dilakukan dihari itu.
Walaupun kegiatan yang tertulis selalu berubah disetiap harinya, ada beberapa hal yang biasanya tetap tertulis disana walaupun sudah berhari-hari/minggu/bulan karena dinilai memiliki dampak yang baik. Salah satunya adalah memulai pertemanan dengan orang yang baru.
Dari Jack Dorsey kita bisa tahu bahwa selalu ada cara untuk menghargai waktu yang kita miliki. Waktu yang kita miliki adalah sama dengan yang dia miliki ataupun siapapun miliki. Lalu kenapa kehidupan kita tidak seperti dia? Karena dia lebih mampu mengelola waktunya.
Baca juga: 13 Situs Freelancer Untuk Pemula
Tapi kini cara dia mengelola waktu sudah bukan menjadi sebuah rahasia lagi. Kini kitapun memiliki modal yang sama untuk mendapatkan hal yang mungkin lebih besar dari siapapun. Kita hanya perlu memulainya saja. Berani untuk memulai cara ini?
No comments:
Post a Comment